Jumat, 06 April 2012

Jenis - jenis Dinosaurus


Jenis - jenis Dinosaurus, yaitu:

1.Brachiosaurus













           Brachiosaurus termasuk ke dalam tingakat sauropoda atau saurichia. Yang termasuk jenis sauropoda yaitu Brontosaurus yang lehernya panjang. Sauropoda merupakan dinosaurus pemakan tumbuhan yang jinak, namun bertubuh besar sehingga tanah bergunjang saat dia berjalan.
     Leher Brachiosaurus yang panjang dan kaku membuat kepala Brachiosaurus lebih kecil dibanding
tubuhnya. Lubang hidung Brachiosaurus tidak di moncongnya seperti hewan lain, melainkan di tonjolan yang berada di tengah matanya. Ekor Brachiosaurus pendek, tidak seperti Diplodocus dan Apatosaurus.
           Kaki depan Brachiosaurus lebih besar daripada kaki belakangnya jadi tubuh Brachiosaurus terlihat
menurun, tidak seperti Dino lainnya bentuk tubuhnya rata. kecepatan Brachiosaurus hanya 16 Km/jam,
semakin tua kecepatannya semakin menurun
          Brachiosaurus mungkin tidur sambila berdiri karena tubuh mereka sangat besar dan kemungkinan mereka susah bangun dari posisi tidurnya.
          Brachiosaurus hidup sekitar 150 juta tahun yang lalu di akhir Zaman Jura. Brachiosaurus memiliki 2
jenis yaitu Brachiosaurus Altitborax dan Brachiosaurus Brancai. kedua hewan ini hidup memisah,
B. Altitborax yang wilayahnya sekarang bernama Colorado dan Utah, sedangkan B.Brancai hidup di daerah Tanzania, Afrika.


2.Scipioniyx
















                          Scipioniyx hidup di Zaman Kapur sekitar 110 juta tahun yang lalu di sebuah pulau yang berada di tengah - tengah Samudra Thetys, antara Afrika dan Eurasia, sekarang wilayah ini sudah berubah.
Pulau tersebut terjepit dan sekarang menjadi satu saat Afrika dan Eropa bertabrakan. Pulau tersebut menjadi pegunungan eropa bagian selatan.
                           Scipioniyx merupakan Dinosaurus kerdil. Ukuran scipioniyx sangat kecil dibandingkan dengan dinosaurus raksasa pemakan daging di Amerika Utara saat itu. Hewan - hewan di kepulauan lebih kecil dibandingkan hewan di benua. Hewan di kepulauan lebih kecil daripada hewan di benua karena makanan dikepulaun relatif lebih sedikit.

3.Triceratops















                                            Triceratops termasuk dinosaurus Ceratopsidae, yang artinya "dinosaurus bertanduk". Triceratops memiliki 3 tanduk, 2 tanduk diatas mata dan 1 tanduk dimoncongnya. Tanduk ini
membuat Triceratops seperti badak raksasa. Mulut mereka seperti paruh kakaktua. dikepalanya ada perisai yang diujungnya berbentuk seperti gumpalan kecil yang bertulang. perisai itu untuk mengurangi panas ketika suhunya sangat tinggi. Triceratops raksasa beratnya 6 ton, yang menjadikan kemungkinan triceratops bergerak sangat lamban. Triceratops hidup di akhir zaman dinosaurus.

4.Deinonychus













        Deinonychus merupakan dino Saurichia kelompok Therapoda. Tubuhnya mungil tapi, ia pemangsa yang cekatan senjatanya adalah cakar sabit yang ada kakinya. Deinonychus merupakan dinosaurus yang terpintar diantara hewan lainnya. mata deinonychus menatap kedepan.
       Deinonychus merupakan dinosaurus yang berjalan dengan 2 kaki maka dia disebut hewan bipedal.
deinonychus hidup pada Zama kapur, sekitar 115 - 110 juta tahun yang lalu dan ditemukan fosilnya di Montana, Wyoming, Oklahoma dan Utah.

5. Tyrannosaurus
                












                    Tyrannosaurus merupakan jenis dinosaurus saurichia yang termasuk dalam kelompok Therapoda. Hewan ini merupakan pemangsa paling besar dan paling agresif. Meskipun kepala T - Rex
besar tapi, otak T-Rex hanya 28 cm besarnya. Indra penciumman T-Rex sangat tajam maka indra penciumannya untuk mencari mangsa yang sangat jauh, juga mengenali pasangannya pada musim kawin.
                    60 juta tahun yang lalu, T-rex hidup di daerah pesisir laut yang dangkal yang membagi Amerika utara menjadi 2 bagian. T-rex ditemukan di Montana, Dakota Utara, Wyoming, Colorado, Texas dan New Meksiko.                
























1 komentar: